MEMBUKA USAHA KECIL USAHA MEMBUAT KRIPIK TALAS
A.
LATAR BELAKANG
Di zaman era
globalisasi ini banyak hal – hal yang instan, tidak terkecuali makanan . Hal
inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan . banyaknya makanan – makanan
instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun
jumlahnya di pasaran, sehingga menyebabkan para pembuat makanan tradisional
merugi.
Adanya persaingan yang cukup ketat
dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah saya untuk mencoba memproduksi
suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik dengan makanan instan ,dan
tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan , “kripik talas” jenis usaha yang akan saya jalankan ini akan
di modifikasi dari bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang
berkualitas dan menarik. Adapun makanan ini saya beri nama “KRIPIK TALAS CITRA BANGSA”. Kenapa???
Karna berhubungan saya masih sekolah di SMK yang benama SMK CITRA BANGSA dan
menurut saya namanya cukup itu unik.
B.
VISI USAHA
Memperkenalkan
dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia “kripik talas” yang mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik
dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.
C.
MISI USAHA
Adapun misi yang saya terapkan
adalah :
- Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
- Memberikan kepuasan pada pelanggan
- Memanfaatkan bahan baku utama ,talas sehingga
menjadi makanan yang berkualitas
- Mencari keuntungan dari modal yang kecil
- Selain ingin mendapatkan keuntungan saya ingin mendapatkan
berkah dalam usaha ini. Di balik ”berbisnis juga beramal”.
D.
ANALISA PELUANG USAHA
Semua proses
produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan talas yang baik sampai kepada
packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam
memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat
menerima produk saya ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam
proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah
mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem
pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan
sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek,
baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada
para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya
bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar berbeda dengan keripik
talaslainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang
berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda dari segi packing,
dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya,
dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan
dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual
keripik pisang ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui
banyak orang, dengan seperti itu maka keripik saya ini akan lebih cepat dikenal
banyak lapisan masyarakat.
Apabila kita
lihat dari analisa sistem SWOT seperti
hal berikut :
SWOT
Ø Strengths
(Kekuatan)
Harga keripik talas ini cukup
terjangkau oleh kalangan masyarakat.
Kualitas dari keripik talas ini
sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan
untuk kesehatan.
Keripik talas ini mempunyai rasa
yang gurih dan enak.
Rasa yang bervariasi memancing minat
pembeli.
Keripik talas dapat menjadi salah
satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
Ø Weakness
(Kelemahan)
Talas masih dipandang sebelah mata
dan tidak banyak orang yang mengenal sehingga diperlukan promosi- promosi.
Minimnya modal untuk tenaga kerja
sehingga ,sehingga bahan yang di produksi kurang banyak.
Bahan baku keripik talas yang mudah
rusak.
Keripik talas akan mudah rusak jika
penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.
Ø Opportunity
(Peluang)
Kondisi masyarakat yang
semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
Permintaan pasar yang
semakin meningkat.
Banayk diminati setiap
orang dari mulai anak-anak, dewasa, maupun orang tua.
Ø Threats
(Ancaman)
Jumlah kompetitor yang
terus meningkat.
Munculnya produk baru
yang lebih unggul.
Kenaikan harga bahan
baku karena jumlahnya semakin terbatas.
Jenis usaha
yang saya jalankan ini termasuk usaha rumahan,yang mampu bersaing dengan usaha
snack modern,karena usaha saya ini telah saya modifikasi dari tampilan maupun
rasa.
- Cara pembuatan secara garis besar:
- Kupas talas
- Iris tipis dengan bentuk menarik
- Rendam isisan talas dalam air yang sudah di
campur kapur sirih dan garam
- Panaskan minyak yang cukup banyak
- Goreng talas hngga kering dan matang
- Angkat dan tiriskan
1.Penilaian Terhadap Pasar
- Pelanggan
Dalam hal
ini konsumen terdiri dari berbagai tingkat kalangan ekonomi baik dari tingkat bawah,
menengah dan atas. Karena makanan ringan merupakan makanan yang banyak diminati
orang dan dalam hal harga dapat dijangkau semua kalangan.
- Jumlah Produk yang di Jual
Dalam jumlah
produk yang dijual, saya memprediksi jumlah produk yang terjual 70 bungkus/hari.
- Anak-anak 35%
- Remaja 30%
- Ibu-ibu 20%
- Bapak-bapak 15%
- Proyeksi Masa Depan dan Pesaing
Dalam hal
proyeksi masa depan dan pesaing ada kekuatan dan kelemahan bagi saya maupun
pesaing.
E.
MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah
pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat
yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara
promosi makanan yang akan saya lakukan :
- Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup
efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan
sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
- Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan
efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung
promosikan makanan yang di jual.
- Melalui internet cara ini efektif walau tak semua
orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih
kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti
facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila
dicoba.
- Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau
tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat
tersampaikan kepada masyarakat.
F. PERHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL
1. Modal lancar =Rp.500.0000 ,-per
hari
Dalam satu bulan memproduksi 20 X jadi modal satu bulan adalah Rp.500.000,- X 20 =Rp.10.000.000,-
2. Modal investasi. Peralatan produksi = Rp.1.000.000,-
3. Biaya Produksi.
Estimasi
Satu hari produksi dengan harga bahan utama :
Harga 1 kg talas Rp.4.000,-
Harga 1 kg minyak Rp10.000,-
Bahan
baku
|
Harga
|
Talas 70 kg
Minyak
Bumbu
Pembungkus
Promosi
Transport
Gaji karyawan 2 orang
Lain lain
|
Rp.280.000,-
Rp.100.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 5.000,-(hanya bulan pertama)
Rp. 10.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 25.000,-
|
Jumlah
|
Rp.500.000,-
|
4.Penetapan harga
Modal
lancar x 150%
Rp.500.000,- x 150% = Rp.750.000,-
Kripik
|
jumlah bungkus
|
harga/bungkus
|
total
|
Balado
|
25
|
Rp.11.000,-
|
Rp.275.000,-
|
Pedas
|
25
|
Rp.11.000,-
|
Rp.275.000,-
|
Original
|
20
|
Rp.10.000,-
|
Rp.200.000,-
|
Jumlah
|
Rp.750.000,-
|
G. PEHITUNGAN
RUGI/LABA
Modal
lancar x 150%
Rp.500.000,- x 150% = Rp.750.000,-
Penjualan /bulan = 20 X Rp.750.000,-
= Rp.15.000.000,-
Modal lancar = 20 X Rp.500.000,- = Rp.10.000.000,- (-)
Rp.
5.000.000,-
Modal
investasi =
Rp. 1.000.000,- (-)
Laba bersih =Rp. 4.000.000,-
H. ANALISA
KEUNTUNGAN
Untuk
menganalisa keuntunagan baik buruknya suatu perusahaan atau maju mundurnya
perusahaan yang kita jalani akan terlihat, namun saya menganalisis saya harus
optimis kemungkinan besar keuntungan yang saya dapatkan dapat di lihat sebagai
berikut :
Laba /bulan
Laba /tahun
Laba /5 tahun
|
= Rp. 4.000.000,-
= Rp. 48.000.000,-
= Rp 2.480.000.000,-
|
I.
KESIMPULAN
Dari
beberapa uraian sebelumnya kini penulis dapat menyimpulkan. Tujuan yang paling
utamanya adalah di balik Berbisnis juga beramal.
Analisa
peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan harga jual, perhitungan
rugi/laba dan terakhir analisa keuntungan sangatlah penting dan berpengaruh terhadap
baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya perusahaan yang kita jalani ini
akan trlihat.
Demikianlah
yang saya dapat sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk kedepannya. Amiiin.
0 Response to "MEMBUKA USAHA KECIL USAHA MEMBUAT KRIPIK TALAS"
Post a Comment